Senin, 11 Oktober 2010

Tugas SIA = Tinjauan menyeluruh proses bisnis

TINJAUAN MENYELURUH PROSES BISNIS

# Fungsi dasar yang dilaksanakan oleh SIA
   1.  Mengumpulkan dan memproses data mengenai kegiatan bisnis organisasi secara efektif 
        dan efisien
   2.  Menyediakan Informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan
   3.  Membentuk pengendalian yang memadai untuk memastikan bahwa bisnis dicatat dan diproses
        secara akurat dan untuk melindungi data dan aset organisasi lainnya.

 # Subsistem dasar dalam SIA
    1.  The revenue cycle : mencakup kegiatan penjualan dan penerimaan dalam bentuk uang tunai
    2.  The expenditure cycle : mencakup kegiatan pembelian dan pembayaran dalam bentuk uang 
         tunai
    3.  The human resources/payroll cycle : mencakup kegiatan mengontrak dan menggaji pegawai
    4.  The production cycle : mencakup kegiatan mengubah bahan mentah dan Tenaga kerja 
         menjadi produk jadi
    5.  The financing cycle : mencakup kegiatan untuk mendapatkan dana dari Investor dan kreditor
         dan Membayar mereka kembali
 
Mengumpulkan dan memproses data mengenai kegiatan bisnis organisasi secara efektif dan efisien.
     * Siklus Pemprosesan data terdiri dari 4 Langkah :
             I.  Input Data
                 - Dahulu, perusahaan kebanyakan menggunakan Dokumen sumber (Source Document)
                    untuk mengumpulkan data awal tentang aktifitas bisnis dan kemudian memindah data
                    tersebut ke komputer.
                 - Sekarang, sebagian besar data aktifitas bisnis langsung dicatat oleh komputer melalui
                   tampilan untuk entry data (Computer data entry screen).
                 - Pemicu Input data biasanya adalah pelaksanaan beberapa aktivitas bisnis, seperti 
                   tentang :
              1. Tiap kegiatan yang menjadi perhatian
              2. Sumberdaya yang dipengaruhi oleh kegiatan
              3. Para pelaku yang terlibat didalam setiap kegiatan

Kegiatan Bisnis dan dokumen sumber
Kegiatan Bisnis                                                   Dokumen Sumber
    * Siklus Pendapatan                                          - Pesanan penjualan 
         - Menerima Pesanan pelanggan                     - Bill Of lading
         - Mengirim Pesanan                                      - Lap, Draft pembayaran
         - Menerima Uang Tunai                                - Slip penyimpanan
         - menyimpan tanda terima tunai                     - Memo kredit
         - Menyelesaikan Account Pelanggan
    * Siklus Pengeluaran
         - Permintaan atas barang                               - Purchase requition
         - Pesanan atas barang                                   - Purchase Order
         - Penerimaan atas barang                              - Receiving Report
         - pembayaran atas barang                             - cek

 2. Penyimpanan Data
     - batch processing adalah Update secara periodik dari data yang disimpan tentang sumberdaya dan 
        pelaku yang terlibat.
     - on-line, real-time processing adalah Update secara langsung setelah terjadinya transaksi
     - Entity adalah sesuatu yang disimpan informasinya
     - Setiap Entity mempunyai Atribut atau characteristics yang membutuhkan untuk disimpan

Perekaman Transaksi kedalam Jurnal
     - Setelah data diambil dari dokumen sumber, langkah selanjutnya adalah merekam transaksi tersebut 
        kedalam jurnal
     - Sebuah jurnal dibuat untuk setiap transaksi yang menampilkan accounts and jumlah yang didebet dan
       dikredit.
     - Jurnal umum merekam transaksi yang tidak sering terjadi.
     - Jurnal khusus merupakan proses ringkas dari perekaman jumlah besar dari transaksi yang sering terjadi

Posting Transaksi kedalam buku besar
      - Buku besar digunakan untuk meringkas status keuangan termasuk saldo sekarang dan setiap perkiraan.
      - Buku besar berisi data level ringkasan dan setiap perkiraan harta, Hutang, Modal, Pendapatan dan
        biaya dari sebuah organisasi.
              3. Pemprosesan Data
              4. output Informasi
Menyediakan Informasi untuk pengambilan keputusan
     - Fungsi kedua dari SIA adalah menyediakan untuk pihak manajemen dengan Informasi untuk pengam-
       bilan keputusan.
     - Informasi dari SIA terbagi dalam 2 kategori
             1. Laporan Keuangan
              -  Menyediakan Neraca saldo
              -  Membuat jurnal penyesuaian
              -  Menyediakan Neraca saldo setelah penyesuaian
              -  Menghasilkan Laporan laba/rugi
              -  Membuat jurnal penutup
              -  Membuat Neraca
              -  menyediakan Laporan arus kas
              2. Laporan Manajerial
               -  SIA harus dapat menyediakan informasi operasional terinci tentang kinerja Organisasi.
               -  2 jenis Laporan Manajerial yang penting
                        a. Laporan Anggaran
                        b. laporan Kinerja

   Pertimbangan - pertimbangan pengendalian Internal
           * Fungsi ketiga SIA adalah menyediakan pengendalian internal yang memadai untuk mencapai tiga
               tujuan dasar berikut :
           1. Memastikan bahwa informasi yang dihasilkan oleh sistem dapat diandalkan
           2. Meyakinkan bahwa efektifitas bisnis dilaksanakan dengan efisien dan sesuai dengan tujuan mana    jemen, serta tidak melanggar kebijakan pemerintah yang berlaku.
           3. Menjaga aset-aset organisasi, termasuk data.

           *  Dua Metode penting untuk mencapai tujuan tersebut adalah :
           1. Menyediakan dokumentasi yang memadai atas seluruh aktivitas bisnis.
           2. memastikan pemisahan tugas yang efektif.





    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar